Thursday, July 21, 2016

Subhanallah, Indahnya Kota Takengon Dari Bukit Pantan Terong, Dataran Tinggi Gayo,Aceh Tengah


Galery image.Redha Pahlefi.Wisata Alam
Pemandangan Bukit Pantan Terong Dari Ketinggian
Indahnya Wisata Alam Aceh - Takengon, Subhanallah, itulah kata-kata yang pertama saya ucapkan ketika tiba di Puncak bukit Pantan Terong. Pantan Terong merupakan salah satu objek wisata yang terdapat di Kabupaten Aceh Tengah. Pantan Terong adalah sebuah bukit yang terletak di puncak bukit dataran tinggi gayo. Dari tempat ini kita bisa melihat keindahan Kota Takengon, Danau Laut Tawar secara keseluruhan, lapangan pacuan kuda di kecamatan Pegasing, Ibukota Bener Meriah yang dulunya adalah bagian dari kota Takengon, bandara udara Rembele dari atas, dengan diapit serta dikelilingi punggung gunung bukit barisan yang elok nan indah.
Pantan Terong ini cukup sering dikunjungi wisatawan karena selain pemandangan pantainya yang indah, pantai ini juga memiliki tempat untuk dijadikan lokasi terbang layang (gantole). Pantan Terong ini juga tersedia beberapa fasilitas pendukung lainnya untuk wisatawan seperti mushola, rumah panggung dan juga cafe. Untuk biaya masuk ke area ini cukup murah yaitu hanya Rp 2000 per orangnya, karena biaya itu dikutip untuk menjaga keindahan alam sekitar di area pantan Terong ini.


Galery image.Redha Pahlefi.Wisata Alam
Taman Diatas Bukit Pantan Teronng

Wilayah Kabupaten Aceh Tengah dengan Ibukotanya Takengon memiliki luas wilayah mencapai 4.318,39 km yang terbagi menjadi 14 Kecamatan. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Bener Meriah dan Kabupaten Bireun di sebelah utara, Kabupaten Gayo Lues di sebelah selatan, Kabupaten Aceh Barat, Kabupaten Pidie dan Kabupaten Nagan Raya di sebelah barat serta Kabupaten Aceh Timur di sebelah Timur. Pantan Terong terletak di kecamatan Bebesan, 7.5 km dari kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah.
Jalan menuju tempat wisata ini sangat bagus, jadi anda tidak perlu khawatir bila ingin mengunjungi temapt wisata ini. Namun sayang untuk menuju akses puncak Pantan Terong anda harus membawa kendaraan pribadi baik mobil maupun sepeda motor. Selain itu kondisi kendaraan anda harus benar-benar dalam keadaan baik, karena terdapat beberapa tanjakan yang terjal. Jadi siapkan kendaraan anda dalam keadaan prima untuk kenyamanan anda dalam menempuh perjalanan ke Pantan Terong ini.
Setelah anda mencapai puncak Pantan Terong ini anda dapat menikmati keindahan seluruh Kota Takengon dari atas puncak Pantan Terong ini sambil berfoto ria seperti yang saya lakukan bersama-sama dengan teman-teman saya. Dengan wajah penuh senyum dan ekspresi yang bahagia, camdig dan camera handphone pun mengabadikan momen di Puncak Pantan Terong ini.

No comments:

Post a Comment