Friday, July 22, 2016

Objek Wisata Ujong Pancu Yang Cocok Untuk Mancing dan Menikmati Keindahan Alam

Galeri image. Redha Pahlefi. Indahnya Wisata Alam Aceh
Pantai Ujong Pancu Peukan Bada Banda Aceh
 Indahnya Wisata Alam Aceh. com - Objek Wisata Pantai Ujong Pancu Aceh, Ujong Pancu adalah nama dari salah stau pantai yang terletak di kota Banda Aceh, tepatnya berada di kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh. Akses jalan untuk menuju pantai ini sudah diberikan fasilitas yang mencukupi sehingga memungkinkan dari pengunjung untuk datang ke lokasi dengan lebih mudah.

Pantai Ujoeng ini menjadi salah satu pantai yang banyak dikunjungi oleh wisatawan karena memiliki daya tarik yang kuat. Daya tarik yang pertama dari pantai Ujong Pancu ini adalah karena keberadaan geologis pantai ini. pantai ini terletak di sebuah kawasan yang dapat dikatakan sebagai kawasan yang menakjubkan. Pantai ini terletak di kaki gunung namun juga merupakan sebuah kawasan pinggir pantai. Dengan kombinasi dari dua bentang alam inilah yang membuat keindahan dari pantai ini.

Pantai ini menjadi primadona bagi para pemancing. Lokasi yang menakjubkan, pantai yang landai, adanya beberapa bebatuan besar dan juga tidak adanya ombak yang terlalu besar menjadi sangat memungkinkannya tempat ini untuk dijadikan sebagai lokasi pemancingan.

Daya tarik yang lain dapat dinikmati dari pengunjung pantai yang tak suka akan kegiatan memancing. Di kawasan lain pantai terdapat gunung yang tak terlelu tinggi. Dengan jalan yang sudah dibuat sedemikian rupa yaitu berupa jalan tangga yang terbuat dari seman akan memungkinkan untuk melakukan pendakian.

Di atas gunung adalah berupa makam dari seorang Ulama Aceh yang bernama Syeikh Hamzah Fansuri. Keramaian pengunjung di lokasi ini dapat dilihat pada hari Jumat di mana kebanyakan pengunjung adalah untuk berziarah ke malam ulama ini.

Selain sebagai objek wisata, kawasan dari pantai ini juga digunakan sebagai Kawasan Konservasi Laur Daerah (KKLD) dari kota Aceh Besar. Di sana dilakukan upaya untuk memelihara Mangrove dan juga Terumbu Karang.

Sebelum bencana tsunami meluluhlantakan Aceh dan juga termasuk kawasan pantai ini, lokasinya sudah menjadi sebuah kawasan yang sangat hijau dan dipenuhi dengan hutan mangrove yang juga luas. Saat ini setelah tsunami, semua pihak berupaya untuk mewujudkan kembali cita-cita menjadikan pantai Ujong Pancu ini sebagai hutan mangrove dan juga untuk menyelamatkan terumbu karang.

No comments:

Post a Comment